You are here

120 Pengurus Ormawa Mengikuti Pelatihan LKMM

.

.

120 Pengurus Ormawa UNY dapat pelatihan LKMM

Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan bagi pengurus baru  Ormawa periode tahun 2015 sebanyak 120 mahasiswa dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta mendapat Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) bertempat di Gedung Training Center UNY  berlangsung sejak Jumat berakhir Minggu kemarin.
Acara dibuka oleh Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Yogyakarta didampingi Wakil Dekan III, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi (BAKI), staf ahli bidang kemahasiswaan, dosen pembimbing kemahasiswaan.
Ketua penyelenggara Aris Fajar Pambudi, M.Or, dalam sambutannya melaporkan bahwa pelatihan LKMM ini diikuti 40 ormawa masing-masing ormawa diwakili oleh 3 orang pengurus inti, (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) sehingga peserta berjumlah 120 orang mahasiswa. Adapun tujuan kegiatan ini bahwa kemajuan suatu bangsa bukan semata-mata ditentukan hanya dengan kekayaan sumber daya alam, tetapi lebih kepada kekayaan sumber daya manusia.

Melalui kegiatan LKMM ini merupakan ikhtiar kami dalam rangka memperkaya sumber daya manusia khususnya mahasiswa pengurus Ormawa tahun 2015. Lebih jelas Aris Fajar Pambudi menyebutkan 4 hal dalam tujuan melaksanakan LKMM ini antara lain: 1. Memberi bekal kemampuan dan keterampilan berorganisasi. 2. Pengembangan nilai-nilai kepemimpinan dan manajemen. 3. Meningkatkan tanggung jawab intelektual dan 4. Meningkatkan kemampuan menganalisa dan memecahkan permasalahan organisasi.

Selanjutnya Aris berharap bahwa organisasi kemahasiswaan diharapkan dapat tumbuh  berkembang menjadi organisasi yang mantap, setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang dapat diterapkan pada saat menjalankan organisasi dimasing-masing fakultas atau ditingkat universitas.
Sementara  Wakil Rektor 3 UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam memberikan sambutan dan pengarahan menegaskan bahwa kita harus dapat membangun kebersamaan untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu beliau juga memberikan materi tentang Kebijakan Umum UNY dan pembinanan mahasiswa melalui pendidikan karakter. Selanjutnya materi pelatihan ini meliputi: Konsep Dasar LKMM,  Teknik  dan Etika diskusi Ilmiah,  Hakekat Organisasi dan Gaya Kerja, Klasifikasi dan Perumusan Masalah Organisasi, Pengukuran Kinerja Organisasi, Pengambilan Keputusan dan Motivasi, Relationship Skill,  Hubungan dan Pencitraan Organisasi,  Manajemen Konflik, Teknik Penyampaian Aspirasi dan Gagasan,  Kepemimpinan Efektif dan diakhiri dengan Outbond. (AP. Winata)