You are here

BEM UNY Menerima Kunjungan dari BEM Universiti Kebangsaan Malaysia

.

.

Pada hari senin (11/02/2019) Badan eksekutif mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta mendapat kunjungan dari majelis eksekutif pelajar (MEP) Universiti kebangsaan Malaysia. Tujuan kunjungan Universitas Kebangsaan Malaysia adalah untuk mengetahui kultur organisasi serta sistem pemilihan pemimpin yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor 3 dan Bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menyambut baik kujungan mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia yang dipimpin oleh Dr. Mohd. Suzuren Mb Jamil selaku Pengarah Pusat Pembangunan dan Kepengurusan Mahasiswa serta Ketua Kolej Aminudin Baki. Wakil Rektor 3 mengharapkan kunjungan tersebut dapat menjadi ajang saling bertukar ilmu dan informasi kemahasiswaan di kedua universitas. Lebih jauh Wakil Rektor 3 berharap akan ada kerjasama yang lebih spesifik antara kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta dan Universiti Kebangsaan Malaysia. Kerjasama tersebut tidak sebatas pada kunjungan balik BEM UNY ke Universiti kebangsaan Malaysia, tetapi mahasiswa diharapkan dapat melakukan alih kredit di Universiti Kebangsaan Malaysia. Kedua petinggi kemahasiswaan tersebut juga memaparkan keunggulan yang telah dicapai oleh universitas masing-masing. Senada dengan Wakil Rektor 3 UNY, Dr. Mohd. Suzuren Mb Jamil juga berharap dapat terjalin kerjasama pada masa yang akan datang dengan Universitas Negeri Yogyakarta. Oleh karena itu, Dr. Mohd. Suzuren Mb Jamil menyambut baik keinginan Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Yogyakarta tersebut.

Acara inti adalah presentasi BEM kedua universitas terkait dengan kultur organisasi di kedua universitas tersebut. Secara spesifik, pembahasan di dalam agenda kunjungan Universiti Kebangsaan Malaysia antara lain profil universitas, struktur keorganisasian, dan mekanisme pemilihan pemimpin dalam organisasi mahasiswa, baik di Universitas Negeri Yogyakarta maupun Universiti Kebangsaan Malaysia. Selain pembahasan di atas, juga ada sesi tanya jawab baik yang diajukan oleh perwakilan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta maupun perwakilan mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia. Pada akhir acara, mahasiswa dari Universiti Kebangsaan Malaysia diajak berkunjung ke Museum Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.