You are here

GUT SEMAKIN SOLID

.

Sebuah tim bagaikan anggota tubuh, jika ada salah satu bagian yang sakit maka bagian lain akan merasakan sakit juga. Sebuah tim yang besar dibangun dari kerjasama yang baik antar anggota tim.  Dua ungkapan tersebut agaknya menjadi alasan dilaksanakannya team building oleh tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Garuda UNY Team (GUT). Sabtu-Minggu, (16 -17/1), GUT mengadakan team building di bumi perkemahan Karang Pramuka, Kaliurang.

Acara tersebut diikuti oleh anggota tim GUT dari angkatan 2012 hingga angkatan baru 2016. Hadir pula advisor tim Dr. Zainal Arifin, M.T, Moch, Solikin, M.Kes, Dr. Sutopo, M.T, Sutiman, M.T. serta staf ahli Wakil Rektor III bidang Penalaran Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd. Dalam sambutannya Dr. Zainal Arifin menyampaikan bahwa GUT harus menjadi tim yang solid agar dapat memberikan yang terbaik tidak hanya untuk UNY saja, namun untuk Indonesia. “Kita harus menjaga bahtera ini agar dapat mencapai apa yang kita cita-citakan bersama.” tuturnya.

Acara hari pertama diisi dengan pemberian materi oleh alumni GUT, kemudian diteruskan dengan game untuk melatih kekompakan tim. Sesi pertama diisi oleh Rizky Edi Juwanto, S.Pd. yang memaparkan tentang manajemen tim dan manajemen waktu, dilanjutkan sesi kedua oleh I Wayan Adiyasa, S.Pd. yang membahas kiat-kiat untuk berprestasi, kemudian Yuli Handita, S.Pd. yang menceritakan tentang perannya sebagai multitasker di dalam tim karena bertanggung jawab pada semua divisi teknis.

Tim mendapatkan kejutan dari Ahmad Yulianto, S.Pd, ketua tim GUT 2013 yang sekarang sedang menempuh pendidikan masternya di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Melbourne, Victoria. Ahmad Yulianto memaparkan pengalamannya via WhatsApp Call. Alumni GUT yang kini sedang melakukan penelitian di Jerman ini membagi pengalamannya saat berjuang di dalam tim dulu. “Saya dulu dipaksa menjadi ketua tim karena tidak ada yang mau menjadi ketua. Tapi, berkat pengalaman saya di tim ini saya bisa melanjutkan S2 di luar negeri.” ungkap Ahmad.

Makan tumpeng bersama menandai berakhirnya pertemuan team building. “Setelah terlaksananya team building GUT 2016 ini, saya berharap semoga GUT menjadi tim yang lebih solid, lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya dan memiliki kerjasama yang lebih baik lagi. Sehingga dapat menghasilkan prestasi yang lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya baik di dalam maupun di luar negeri.” ujar ketua panitia team building GUT 2016, Wahyu Saputra. (Anis, Apw)..