You are here

KUNJUNGAN UiTM MALAYSIA KE UNY

.

Indonesia dan Malaysia sebagai negara serumpun telah lama menjalin tali persaudaraan dan kerja sama dalam berbagai bidang. Demikian pula halnya, kerja sama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan beberapa Universitas di Malaysia, di antaranya dengan Universitas Teknologi Mara (UiTM). Banyak hal yang dapat diperoleh dalam melalui kerja sama tersebut, utamanya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan kreativitas bagi mahasiswa di berbagai bidang. Demikian pernyataan Kepala Biro Akademik Kemahasiswaa dan Informasi, Sukirjo, M.Pd. pada saat penerimaan Rombongan dari Universitas Teknologi Mara Malaysia, Senin, 26 Februari 2017. Kunjungan yang bertajuk “Kembara Citra Nusantara : Yogyakarta Indonesia “Travel Log: Yogyakarta Indonesia 2018” diikuti oleh 13 orang terdiri dari 12 orang mahasiswa dengan satu orang dosen pendamping.

Sumardianshah Bin Silah, selaku Dosen serta pimpinan rombongan dari UiTM menyampaikan bahwa diharapkan setelah adanya MOU dengan UNY, juga nantinya juga akan diadakan MOA. Pada Kesempatan kali ini Sumardianshah juga memperkenalakan sedikit banyak tentang UiTM, di mana UiTM juga memiliki College (asrama) untuk para mahasiswanya, terdiri dari empat asrama untuk siswa laki – laki, dan juga empat asrama untuk siswi perempuan. Kegiatan kunjungan ke UNY kali inidiikuti perwakilan dari College Kediaman Delima, yaitu College yang diperuntukkan bagi sswa laki-laki.

Sementara itu, Nurhidayanto,Ph.D selaku Staf Ahli WR 3 Bidang Penalaran, menyampaikan bahwa adanya kegiatan pertukaran pelajar ke berbagai negara berkembang harus tetap dilanjutkan untuk saling mengenal dan mempelajari seni, budaya, serta bahasa masing – masing negara. Nurhidayanto juga menyampaikan untuk memfasilitasi kegiatan mahasiswa, selain adanya Unit Kegiatan Mahasiswa yang biasanya dikoordinasikan di Student Center juga ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Pertimbangan Mahasiswa (DPM) di tingkat Universitas. Di tingkat fakultas dan jurusan juga ada organisasi mahasiswa. Melalui organisasi itulah, mahasiswa berlatih hidup secara mandiri, kreatif, dan berlatih bersikap demokratis.

Kegiatan kunjungan ini bermanfaat dalam rangka tukar informasi dan berbagai pengalaman, utamanya dalam pengelolaan dan pembinaan kegiatan kemahasiswaan. Rombongan mahasiswa dari UTM dapat belajar banyak tentang raihan prestasi yang berhasil dicapai oleh mahasiswa UNY, baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional. (Rani-Apw)

.