You are here

MAHASISWA FMIPA JUARA 3 LKTI KEMARITIMAN

.

Mahasiswa FMIPA UNY yang terdiri dari Afrizal Lathiful Fadli (Prodi Fisika), Intania Betari Miranda (Pendidikan Kimia), dan Muhammad Wahyu Arif (Kimia) berhasil meraih juara III bidang kajian umum Lomba Karya Tulis Nasional Lomba Karya Tulis Ilmiah Kemaritiman Tingkat Nasional di Universitas Hasanudin, (8-10/12).

Lomba Karya Tulis Ilmiah Kemaritiman Tingkat Nasional diselenggarakan oleh rektorat kemahasiswaan Universitas Hasanudin. Merupakan suatu ajang kompetisi karya tulis ilmiah yang diikuti oleh mahasiswa D3 dan S1 se-Indonesia dengan 3 kategori yakni kategori kelautan, perikanan dan kajian umum.

Pada ajang tersebut FMIPA UNY mengirimkan delegasi untuk mengikuti kompetisi kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah yang bertemakan “Membangun Potensi Benua Maritim Indonesia”. Kompetisi kategori LKTI diikuti oleh 15 finalis setiap bidangnya oleh perwakilan dari universitas se-Indonesia, di antaranya Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Halu Oleo, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jambi, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sriwijaya, USU, UNS, Institut Pertanian Bogor , dan lain-lain.

Afrizal menjelaskan, kami mengusung karya berjudul ‘’Inovasi Cooling Box Berbasis Fotokatalis Nanopartikel N-TiO2 Terintegrasi DSSC Pigmen Ekstrak Antidesma bunius Sebagai Solusi Reduksi Logam Berat dan Inhibisi Bakteri Pembusuk Pada Ikan’’.

“Secara singkat ECO-BOOTYST” Inovasi Cooling Box  yang diangkat merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan produksi ikan yang cepat mengalami pembusukan dan menyebabkan kualitas ikan menjadi rendah dengan penerapan teknologi fotokatalis lapis tipis nanopartikel semikonduktor untuk mereduksi logam berat Fe dan inhibisi bakteri pembusuk pada ikan menjadi senyawa yang kurang berbahaya. Pada akhirnya untuk menciptakan kualitas produksi ikan nasional yang memenuhi standard dan kelayakan konsumsi”, terangnya. (Witono/Apw)    .