You are here

MONITORING DAN EVALUASI PKM 2015

.

.

MONITORING DAN EVALUASI PKM 2015

Guna mempersiapkan Tim PKM dalam menghadapi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal Dikti tahun 2015, telah dilaksanakan Monev awal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) didanai Dikti tahun 2015 berlangsung Jumat 20 Maret 2015 di Ruang Sidang utama Universitas Negeri Yogyakarta.

Peserta pada kegiatan ini berjumlah 168 kelompok terdiri dari PKM-Penelitian bidang Eksakta: 27, bidang Sosio Humaniora: 15, PKM-Teknologi: 9, PKM-M (Pengabdian Masyarakat): 35, PKM-Kewirausahaan: 29 dan PKM-Karsa Cipta: 53 dengan jumlah mahasiswa 673 orang. Monev awal PKM ini merupakan program untuk memantau persiapan TIM PKM yang mantap dari sisi substansi dan administrasi, mengacu pada pedoman melaksanaan Monev Eksternal Dikti.

Untuk mengoptimalkan program monev PKM ini mahasiswa didampingi oleh Tim Reviewer dari Staf Ahli WR III, Pokja dan beberapa dosen yang sudah berpengalaman. Dalam hal ini pemonev dapat melihat proposal kegiatan yang diajukan dan memberikan masukan sesuai pedoman monev dari Dikti antara lain: Aspek Target Luaran baik kesesuaian dan permasalahan, Aspek Keberhasilan Metode, Aspek Kesesuaian Pelaksanaan dan Rencana Tahapan, Aspek Kokampakan Tim Pelaksana dan Peranan Pembimbing dan Aspek Potensi Khusus terdiri Peluang Paten dan Komersial.

Menurut Nurtanio Agus Purwanto,M.Pd., selaku Staf Ahli WR III bidang Penalaran menjelaskan bahwa kegiatan Monev awal PKM 2015 ini sebagai kegiatan awal dan selanjutnya nanti ada Monev Internal di mana semua Tim diminta untuk mempresentasikan judul Karyanya dan peran pembimbing untuk memberikan penilaian dan masukan sampai optimal. (AP. Winata)