PELATIHAN LKKMM BAGI PENGURUS ORMAWA

.

Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan bagi pengurus baru Organisasi Mahasiswa (Ormawa) periode tahun 2018 sebanyak 129 mahasiswa dari 7 Fakultas di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta mendapat Latihan Kreatifitas dan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKKMM) bertempat di Gedung Training Center UNY berlangsung sejak Jumat hingga hari Minggu kemarin. Acara dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. didampingi Wakil Rektor III Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.,Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi (BAKI), Wakil Dekan III, Staf Ahli bidang kemahasiswaan, Tim Ahli Kemahasiswaan.
Ketua panitia kegiatan LKKMM Nurhidayanto Pancoro Setyo Putro, Ph.D. dalam sambutannya melaporkan bahwa pelatihan LKKMM ini diikuti 43 ormawa masing-masing ormawa diwakili oleh 3 orang pengurus inti, (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) sehingga peserta berjumlah 129 orang mahasiswa.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk membekali Organisasi Mahasiswa (BEM,DPM,UKM) UNY agar mampu merencanakan, melaksanakan kegiatan dan melakukan evaluasi kegiatan dengan baik merumuskan sasaran yang akan dicapai dan menjabarkannya ke dalam sebuah program kerja, mengantisipasi berbagai hambatan yang mungkin ditemui dalam mewujudkan Program kerja, mengidentifikasi berbagai peluang kerja yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pencapaian rencana kerjanya, memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan, memikat rekan mahasiswa agar mau bergabung dan aktif berpartisipasi dalam kelompok yang dibentuknya, dan mengendalikan partisipasi anggota unit kerjanya agar mampu menguasai hal-hal tersebut di atas.

Melalui kegiatan LKKMM ini merupakan ikhtiar kami dalam rangka memperkaya sumber daya manusia khususnya mahasiswa pengurus Ormawa tahun 2018.

Selanjutnya Nurhidayanto berharap bahwa organisasi kemahasiswaan dapat tumbuh berkembang menjadi organisasi yang mantap, setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang dapat diterapkan pada saat menjalankan organisasi dimasing-masing fakultas atau ditingkat universitas.
Dalam kegiatan ini Jajaran Kemahasiswaan menghadirkan 1 keynote speaker dan 18 pemateri, yang sudah terinci dalam jadwal kegiatan.

Sementara Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dalam memberikan sambutan dan pengarahan menegaskan bahwa kita harus bisa menjadi Leader, memimpin dirinya sendiri apalagi memimpin suatu organisasi, dapat membangun kebersamaan untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu beliau juga memberikan materi tentang Kebijakan Umum UNY dan pembinanan karakter mahasiswa.
Selanjutnya materi pelatihan ini meliputi: Konsep Dasar LKKMM, Pola Pengembangan Bidang Kemahasiswaan, Penyusunan dan Pelaporan Program Kerja, Manajemen Pengelolaan Informasi Organisasi, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan, Membangun Karakter Kreatif, Protokoler, Teknik Penyampaian Aspirasi dan Gagasan, Manajemen Perubahan, Motivasi Berprestasi, Rencana Pengembangan, Klasifikasi dan Perumusan Masalah Organisasi, Hubungan dan Pencitraan Organisasi, Manajemen Konflik, Teknik Penyampaian Aspirasi dan Gagasan, Kepemimpinan Efektif dan diakhiri dengan Outbond. (Apw.)