You are here

PEMBUKAAN ESQ MABA

.

.

Visi Universitas Negeri Yogyakarta adalah menghasilkan insan Bertaqwa, Mandiri dan Cendekiawan. Untuk mewujudkan  visi ini bidang Kemahasiswaan melakukan pembinaan mahasiswa melalui dua jalur yang terpadu yakni jalur kurikuler dan jalur ekstra kurikuler. Salah satu upaya untuk memberikan bekal awal bagi mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016 dalam hal ini nilai spiritual (keagamaan) dan kebangsaan yang diharapkan akan membantu dalam  perkembangan  kehidupan kampus  melalui pendidikan kurikuler dan ekstra kurikuler dan kehidupan masyarakat adalah dengan memberikan bekal Pelatihan Emotional and Spiritual Quotion (ESQ).

Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Senin kemarin membuka Pelatihan ESQ bagi mahasiswa beragama Muslim jalur SNMPTN bertempat di gedung Auditorium jalan Colombo Nomor 1, Kampus Karangmalang. Dalam sambutannya Prof. Rochmat mengharapkan bahwa mahasiswa UNY harus bisa beribadah yang baik  memberikan contoh kepada yang lain dan  disisi lain  siap menjadi  pemimpin yang rendah hati tidak boleh sombong karena pinter, IPK nya tinggi, tapi sombong ini tidak boleh.

Tujuan kegiatan ESQ ini adalah untuk memberikan bekal kompetensi emosional dan spiritual kepada mahasiswa baru dalam rangka memasuki dunia pendidikan tinggi yang merupakan awal dari kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga menjadi lulusan yang Bertaqwa, Mandiri, dan Cendekiawan.

Peserta ESQ beragama Muslim kali ini terdiri Fakultas Ilmu Pendidikan berjumlah 330, Fakultas Bahasa dan Seni 404, Fakultas MIPA 300, Fakultas Ilmu Sosial 278, Fakultas Teknik 268, Fakultas Ilmu Keolahragaan 176, dan Fakultas Ekonomi berjumlah 178. Hadir dalam pembukaan ESQ tersebut para Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Staf Ahli bidang Kemahasiswaan.

Sementara untuk Mahasiswa beragama Buda, Hindu, Katolik dan Kristen Protestan pembukaan Pelatihan ESQ akan dibuka secara terpisah baik Jaur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri  setelah pendaftaran ulang jalur Seleksi Mandiri berakhir, diperkirakan pada pertengahan bulan Agustus besok. (AP. Winata)