You are here

PERINGATAN HARDIKNAS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

.

.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 oleh keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta  Sabtu, 2 Mei 2015 dihadiri Rektor, Wakil Rektor, Dewan Pertimbangan, Dewan Pengawas, Anggota Senat, Anggota RKU, Dosen, Karyawan dan mahasiswa diwarnai hujan gerimis mulai upacara berlangsung.

Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dalam menyampaikan sambutan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) bahwa harapan masyarakat terhadap pendidikan semakin meningkat, masyarakat beranggapan tidaklah cukup bagi perguruan tinggi untuk bisa melaksanakan pendidikan tinggi yang bermutu, perguruan tinggi mampu mendukung daya saing bangsa melalui penelitain yang inovatif yang dapat memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat.

Lebih lanjut Menristek Dikti mengatakan bahwa dengan bergabungnya sektor Ristek dan Pendidikan Tinggi dalam Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi maka sinergi program sumberdaya, pengalaman serta jaringan Ristek-Dikti bisa dilakukan dan hilirisasi hasil penelitian di perguruan tinggi menjadi semakin mungkin dilakukan.

Pada kesempatan ini Rektor juga memberi penghargaan prestasi mahasiswa serta me- launching Tim Robot dan Tim Garuda UNY Racing Team (GURT). Kedua mobil ini akan dibawa ke ajang 2015 International Student Green Car Competition (ISGCC) di Korea Selatan pada tanggal 29 - 30 Mei mendatang. ISGCC 2015 sendiri merupakan kompetisi mobil listrik dan hybrid mahasiswa internasional yang diselenggarakan oleh Korean Transportation Safety Authority (KOTSA) dan Korean AutoVehicle Safety Association (KASA).

Pada bulan Mei 2013 lalu, Tim GURT menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam ajang perlombaan internasional ini dan berhasil memenangkan perlombaan dalam kategori 1st winner Creative Technology. Pada tahun 2014 GURT memboyong 4 kategori juara, 1st Winner Endurance Hybrid, 1st Winner Acceleration Hybrid, 2nd Winner Creative Technology Hybrid, dan 3rd Winner Acceleration Electric 2015.

Tim ini mendapat dukungan dari PT. Garuda Indonesia Airlines, Garuda Indonesia Cargo, PT. Kawan Lama Sejahtera, Keizer Alumunium Wheels, Indonesia Power dan Pocari Sweat. Rektor juga berkesempatan mengendarai mobil GURT melakukan victory lap mengelilingi lokasi upacara.

Pada kesempatan tersebut Rektor UNY juga menganugerahkan Penghargaan Prestasi mahasiswa kepada 867 mahasiswa UNY yang berprestasi dalam kurun waktu antar 3 Mei 2014 s.d 31 Maret 2015. Perwakilan mahasiswa penerima penghargaan ini antara lain Bidang Penalaran: Bondan Prakoso prodi Pendidikan Teknik Otomotif/FT, Siti Maesyaroh prodi Manajemen/FE, Anang Prasetyo  prodi Pendidikan Teknik Elektronika/FT, dari Bidang Seni: Wigianto prodi Pendidikan Seni Rupa/FBS, Fatimah Kurnia Krisdanti prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran/FE, dari Bidang Olahraga: Firdhana Wahyu Putra prodi PJKR/FIK, Lia Karina Mansur prodi PKO/FIK, Alin Sukma Pranata dari prodi Manajemen/FE, serta dari Bidang Minat dan Kesejahteraan Khusus: Fathin Rahmah Sabrina Prodi Manajemen Pendidikan/FIP, Annisa Fitri Hasyati prodi Pendidikan Teknik Busana/FT dan Selvana Heruka Prodi Pendidikan Teknik Busana/FT. (AP. Winata)