You are here

Seminar Proposal Student Union Grant (SUG) 2016

.

Suasana Seminar Proposal Student Union Grant di Ruang Rapat Timur 2 Rektorat

.

Seiring dengan kebijakan Dikti terkait keharusan melakukan publikasi ilmiah bagi mahasiswa, maka sudah selayaknya setiap perguruan tinggi membuat strategi yang efektif untuk membiasakan mahasiswa membuat karya tulis. Dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis, meneliti, dan mengolah kreativitas mahasiswa pada bidang penelitian, Bagian Kemahasiswaan Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan program Student Union Grant (SUG) yang akan mendanai 30 proposal penelitian yang diusulkan oleh mahasiswa. Pada program SUG tahun 2016 ini, Universitas Negeri Yogyakarta mendanai 30 proposal penelitian mahasiswa sebanyak 6 judul dari Fakultas Ilmu Pendidikan, 20 judul dari Fakultas Bahasa dan Sastra, 14 judul dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 29 judul dari Fakultas Ilmu Sosial, 8 judul dari Fakultas Teknik, dan 6 judul dari Fakultas Ekonomi. Kesemua proposal tersebut telah lolos dalam sesi penilaian yang dilakukan oleh Staf Ahli Wakil Rektor III serta dosen yang telah mumpuni dalam bidang penelitian. Proposal penelitian mahasiswa tersebut dianggap oleh para penilai memiliki tema yang inovatif dan kreatif, serta membahas situasi-situasi sosial yang uptodate.

Setelah meloloskan 30 proposal, selanjutnya pada tanggal 15 Mei 2016 Bagian Kemahasiswaan mengadakan Seminar Proposal SUG yang bertujuan untuk lebih mematangkan penelitian yang telah diajukan oleh mahasiswa. Pada seminar tersebut, hadir para pembimbing yang merupakan dosen yang telah mumpuni dalam bidang penelitian, dan mahasiswa diharuskan untuk mempresentasikan proposal mereka secara detail dan jelas. Seminar Proposal SUG tahun 2016 dilaksanakan pada tiga ruang, yaitu Ruang Sidang Timur 2 Rektorat, Ruang Kemahasiswaan Rektorat, serta Ruang Sidang Senat Rektorat. Masing-masing ruang dibagi kedalam dua sesi presentasi, yang setiap sesi terdapat lima kelompok peneliti.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB berlangsung secara lancar, dan mahasiswa dapat mepresentasikan proposal penelitian mereka dengan baik serta jelas dihadapan para pembimbing. Tidak lupa juga, para pembimbing memberikan saran serta kritik membangun yang sangat berarti bagi mahasiswa untuk kelanjutan kegiatan penelitian mereka. Interaksi yang positif terbangun dalam kegiatan ini, yang diharapkan terus memacu mahasiswa untuk dapat menghasilkan penelitian yang dapat bermanfaaat bagi semua kalangan.