You are here

SOUTH EAST ASIAN UNIVERSITY KARATE CHAMPIONSHIP SEBELAS MARET CUP XI

.

.

Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret CUP XI yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 Maret 2019 di GOR Sritex Arena, Surakarta merupakan kejuaraan karate mahasiswa se-Asia Tenggara yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS). Kejuaraan ini merupakan ajang 2 tahun sekali yang mengangkat tema “Brave to Break The Limit” diikuti oleh 324 peserta dengan 5 negara yang terlibat di dalamnya, diantaranya Malaysia dengan 2 atlet, Singapura 1 atlet, Timor Leste 1 atlet, dan 2 atlet dari Brunei

Pada kejuaraan Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret CUP XI ,Universitas Negeri Yogyakarta menurunkan 14 Atlet untuk bertanding, dan mendapat gelar JUARA UMUM 2 dengan perolehan medali sebanyak 4 emas, 1 perak dan 2 perunggu dan Best of The Best putri yang di peroleh oleh Era Septiyani FIK/PKO’16. Empat Emas pada kelas kumite -50 kg putri oleh Nur Ainul Fitri FIK/IKOR’16, kumite -55 kg putri oleh Era Septiyani FIK/PKO’16, Kumite -68 kg putri oleh Virsa Agil Fauzia FIK/PKO’16 dan Kumite Beregu Putri yang terdiri dari Nur Ainul Fitri FIK/IKOR’16, Era Septiyani FIK/PKO’16, Nur Hikmah FIK/PKO’16, Virsa Agil Fauzia FIK/PKO’16, dan Sasti Virgine Javanti FBS/PBSI’18, kemudian 1 Perak pada kelas -50 kg putra oleh Yusuf Soleh FIK/PJKR’18 dan 2 Perunggu  pada kelas kumite -67  kg putra oleh Fedita Kalbuadi FIK/ PJKR’16 dan pada kelas kumite -50 kg putri oleh Sasti Virgine Javanti FBS/PBSI’18.

Suatu pencapaian yang luar biasa bagi karateka UNY mendapatkan gelar juara umum 2  dengan perolehan medali emas yang sama dengan juara umum 1, yaitu sejumlah 4 emas, hanya berbeda pada perolehan medali perak dan perunggu, hal tersebut karena jumlah atlet yang diturunkan pun tidak sebanyak atlet yang mendapatkan juara umum 1.

Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret CUP XI merupakan ajang bergengsi yang ditunggu karateka mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Di lain sisi, Semar CUP menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu karena pertandingannya yang sangat kompetitif dan melibatkan beberapa tim nasional Indonesia, sehingga dapat meningkatkan semangat bertanding. Persiapan yang dilakukan untuk kejuaraan ini dimulai dari jauh-jauh hari, latihan keras yang dilakukan karateka UNY yang sudah dimulai bulan April 2018 membuahkan hasil yang sangat memuaskan, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan pelatih dan pembina yang sangat luar biasa, menurut para pelatih tim Karate UNY adalah TIM yang hebat karena mereka telah melalui proses yang panjang dan tidak instan, mereka percaya bahwa proses tidak akan menghianati hasil. Dengan program latihan yang telah dipersiapkan membawa UNY menjadi JUARA UMUM 2 pada ajang Southeast Asian University Karate Championship Sebelas Maret CUP XI 2019.

Menurut Era Septiyani motivasinya mendapat juara pada dua kelas berturut-turut  dan Best Of The Best pada Semar CUP XI adalah berlatih-berlatih-berlatih. Melawan rasa lelah, serius dalam berlatih dan menjadikan latihan layaknya bertanding, apapun yang diberikan pelatih dimaksimalkan pada saat latihan, melawan rasa lelah itulah kuncinya. Tak lepas dari hal itu, peran orang tua yang selalu memotivasi menjadikannya untuk terus berprestasi. Latihan latihan latihan, janganlah fokus pada lawanmu tapi fokuslah dengan pertandingan dan permainanmu tegasnya. (Nasihah, UKM Karate UNY)