You are here

Tim Mobil Garuda UNY Siap Kibarkan Merah Putih

.

Tim Mobil Garuda UNY siap untuk mengikuti 5 kompetisi, dimana 3 kompetisi diantaranya adalah kompetisi Internasional. Kompetisi tersebut adalah International Student Green Car Competition (ISGCC), di Soul, Korea Selatan pada tanggal 27-28 Mei 2016, Student Formula Japan, di Ecopa Stadium, Jepang, pada tanggal 1 - 5 September 2016, serta Shell Eco MarathonAsia di Singapura pada bulan Maret 2017. Sementara untuk kompetisi nasionalnya adalah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) pada bulan Oktober 2016, di Malang dan Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) pada bulan November 2016, di Bandung. Kesiapan ini dikemukakan oleh Bondan Prakoso selaku Ketua  Umum Tim Mobil Garuda UNY saat audiensi dengan Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. di ruang Rapat Kerja Universitas. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor II dan III, Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Advisor dan perwakilan Tim Mobil Garuda UNY.  

Selain kesiapan tim, Bondan juga menyampaikan kegiatan yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh tim untuk menunjang kekompakan dan kesiapan Tim untuk berkompetisi. Diantaranya kegiatan yang sudah dilakukan yaitu Open Recruitment, Workshop Regulasi dan Desain, serta Pameran, sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Team Building, Workshop Engine dan Electrical serta disampaikan juga matrik kerja Tim Mobil Garuda UNY dalam 1 tahun kedepan. Pada 5 kompetisi mendatang Tim Mobil Garuda UNY atau yang lebih mudah dikenal dengan sebutan Tim Garuda ini menargetkan untuk menyabet Juara 1 disemua kompetisi tingkat Nasional yaitu KMLI dan KMHE sebagai modal menuju SEM Asia serta Juara Umum di ISGCC, Korea dan masuk dalam 10 besar pada kompetisi SFJ di Jepang. Target tersebut yakin bisa diraih dengan bermodalkan pengalaman sebagai juara bertahan Best of The Best pada ISGCC 2015  serta peringkat 29 dari 93 tim pada SFJ 2015. Selain itu juga Tim Garuda menempati posisi 182 dunia pada kelas mobil Formula Student Combustion dari 527 tim yang ada di dunia. Ini tentu menjadi prestasi anak bangsa yang membanggakan untuk Indonesia.

Sementara itu, Rektor UNY  Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. beserta jajarannya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan mahasiswa khusunya Tim Mobil Garuda UNY untuk terus meningkatkan prestasi dan mengibarkan Merah Putih di kancah Internasional. “Tim ini adalah tim besar, sehingga harus tetap dijaga komitmen dan semangat setiap anggota tim agar prestasinya terus meningkat untuk membangun Indonesia. Buktikan pada masyarakat Indonesia bahwa Universitas Negeri Yogyakarta mampu mendunia melalui prestasi-prestasi ditingkat Nasional maupun Internasional. Pimpinan universitas sangat mendukung kegiatan mahasiswa untuk berprestasi khusunya Tim Mobil Garuda UNY”, tandas Pak Rektor. Beliau juga menyampaikan bahwa tanggal 29 Januari ini UNY akan kedatangan Presiden RI dalam rangka menghadiri Forum Rektor Indonesia, sehingga Tim Garuda diminta untuk menampilkan semua karyanya dari generasi pertama sampai generasi yang terbaru dan juga semua prestasi yang sudah diraih.

Dalam sesi berikutnya Wakil Rektor II, Dr. Moh. Alip, M.A. menyampaikan bahwa pihaknya akan menyiapkan tempat yang baru untuk mendukung kegiatan Tim Garuda dalam proses manufacturing mobil untuk kompetisi. Sedangkan Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menambahkan untuk mendukung kebugaran anggota tim dalam mempersiapkan kompetisi akan disiapkan tim khusus dari FIK untuk memberikan training kebugaran secara rutin setiap minggu. Kegiatan audiensi tersebut ditutup dengan foto Tim Garuda bersama Rektor UNY. (Apw).