You are here

TIM PKM FBS UNY RAIH EMAS DI AJANG PIMNAS

.

Satu lagi prestasi diraih mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY). Satu medali emas diperoleh tim PKM Mahasiswa FBS UNY dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 tahun 2017 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 23 – 28 Agustus 2017. Tim tersebut menyabet juara I pada kategori PKM-PSH. “Alhamdulillah, atas dukungan banyak pihak, tim kami dapat menyumbangkan emas di Pimnas 2017 ini,” ungkap Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum., selaku dosen pembimbing.

Pada ajang kreativitas mahasiswa tingkat nasional tersebut, tim PKM mahasiswa FBS UNY mengangkat potensi kearifan lokal Gunungkidul. Melalui penelitian bertajuk “Meretas Nilai Filosofis Cerita Rakyat di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul (Sebuah Kajian Etnografi), tim yang digawangi Mei Latipah, Dyah Ayu Putri Utami, Haryanto, dan Dyah Kemala Firdausi tersebut meneliti, mendokumentasikan, dan menyosialisasikan potensi cerita rakyat di Gunungkidul, Yogyakarta. Kajian di bidang etnografi tersebut menghasilkan luaran berupa publikasi ilmiah dan penerbitan buku-buku kumpulan cerita rakyat.

“Jadi, capaian prestasi ini merupakan kerja keras mahasiswa, dosen, dan masyarakat Karangmojo Gunungkidul yang berkeinginan memajukan daerah melalui penggalian potensi kearifan lokalnya. Namun, terlepas dari apapun hasilnya, kami sangat bersyukur karena mahasiswa memiliki peluang untuk belajar banyak hal dalam ajang nasional ini,” jelas doktor yang menggeluti bidang pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing tersebut.

FBS UNY menyumbang medali emas bagi kontingen Universitas Negeri Yogyakarta. Medali emas yang lain diperoleh kontingen UNY dari FMIPA untuk kategori poster PKM K2. Total perolehan medali dari 17 tim UNY adalah dua emas, satu perunggu, dan tiga juara favorit. Dengan perolehan ini, UNY menempati peringkat ke-10 dalam ajang Pimnas ke-30 tahun 2017 di Makassar. [HumasFBS-Apw.]

.