Tim UNY Berjaya pada Thailand Inventors Day-Bangkok International Intellectual Propoerty, Innovation And Technology Exposition (IPITEx 2019)

.

Tim SAFEL UNY Pada Thailand Inventors Day-Bangkok International Intellectual Propoerty, Innovation And Technology Exposition (IPITEx 2019)

.

Thailand Inventors Day-Bangkok International Intellectual Propoerty, Innovation And Technology Exposition (IPITEx 2019) yang diselenggarakan di Bangkok International Trade and Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand pada tanggal 2-6 Februari 2019 merupakan suatu ajang yang diikuti oleh inovator tingkat International. Adapun inovasi yang diangkat berupa pemanfaatan limbah pertanian (jagung) dan limbah serbuk batu kapur menjadi bahan tambah pembuatan beton yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan daya tekan beton.

Dari berbagai macam topik yang disediakan pihak penyelenggara, TIM UNY membahas tentang “BETJAK (Beton Tongkol Jagung dan Batu Kapur): The Scientific Utilization of Corncob and Limestone Powder Waste as Additive Materials in The Creation of Concrete”.Karya Tulis ini dinyatakan lolos seleksi dan berhak untuk masuk tahap selanjutnya, yakni tahap presentasi karya.

Penelitian mengenai “BETJAK (Beton Tongkol Jagung dan Batu Kapur): The Scientific Utilization of Corncob and Limestone Powder Waste as Additive Materials in The Creation of Concrete” dilakukan oleh Tiara Titania (Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan 2016), Dedi Kurniawan (Pend. Kimia 2016), Annisa Nur Hayati (Pend. Kimia 2016), Kurniawan Sukresna (Sastra Inggris 2016), dan Amara Meila Putri Bianca (Ilmu Sejarah 2016), dimana tujuannya adalah memanfaatkan limbah dari jagung dan serbuk batu kapur yang ada di daerah Gunung Kidul dan Sleman menjadi produk beton yang bermanfaat, bernilai ekonomis, dan ramah lingkungan. Selain itu, juga untuk mengupayakan beton yang kuat dan ramah lingkungan untuk peningkatan produksi beton  Indonesia.

Kompetisi yang diadakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) bekerjasama dengan Internation  Federation of Inventor’s Associations (IFIA) diikuti oleh 28 negara yakni Kanada, China, Croatia, Republik Czech, Mesir, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Makau, Malaysia, Maroko, Filipina, Polandia, Rumania, Rusia, Singapura, Sudan, Saudi Arabia, Singapura, Korea Selatan, Sri Langka, Taiwan, Uni Emirate Arab, Inggris, Vietnam dan Thailand.

Pada kejuaraan tersebut, delegasi UNY berhasil meraih  penghargaan Bronze Medal dalam ajang IPITEx 2019 (International Intellectual Property, Invention, Innovation And Technology Exposition) di Bangkok, Thailand yang diberikan oleh National Research Council of Thailand (NRCT).