You are here

Training Center II Pekan Seni Mahasiswa Nasional Tahun 2016

.

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) sebagai salah satu wadah pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang Seni merupakan kegiatan lanjut hasil seleksi terbaik pada Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA). Para pemenang PEKSIMIDA akan diberangkatkan ke tingkat nasional pada tanggal 11 - 17 Oktober 2016 di Universitas Halu Oleo Kendari.

Dalam Kegiatan PEKSIMIDA DIY, Universitas Negeri Yogyakarta memenangkan 12 Tangkai lomba seni yang di lombakan, yaitu: (1) Juara I Nyanyi Dangdut Putra, (2) Juara I Nyanyi Seriosa Putra, (3) Juara I Nyanyi Pop Putra, (4) Juara I Nyanyi Kroncong Putera, (5) Juara I Nyanyi Keroncong Putri, (6) Juara I Tari, (7) Juara I Penulis Puisi, (8) Juara I baca Puisi Putra, (9) Juara I Baca Puisi putri, (10) Juara I Komik Strip, (11) Juara I Foto Hitam Putih, (12) Desain Poster. Atas perolehan piala sebanyak 12 tangkai lomba tersebut, UNY telah berhasil memperoleh piala juara terbanyak (Juara Umum PEKSIMIDA DIY 2016).

Memperhatikan fakta di atas, agar semua Duta Seni UNY lebih mantap, perlu kiranya dilaksanakan Pembinaan secara khusus. Bentuk kegiatan ini lebih diarahkan kepada latihan/praktik seni sesuai dengan tangkai lombanya: seni suara/vokal (nyanyi pop, nyanyi keroncong, nyanyi dangdut, nyanyi seriosa), seni sastra (baca puisi, Penulis Puisi), dan seni rupa (komik strip, Fotografi Hitam Putih, Desain Poster). Di samping itu, agar kegiatan pembinaan mendapatkan hasil yang lebih baik, antara lain diperlukan tempat yang cukup representative dan nyaman.

Tujuan Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan kontingen PEKSIMINAS UNY baik substansi maupun administrasi. Secara rinci tujuan kegiatan ini adalah  memberikan kesempatan mahasiswa para juara Peksimida untuk tampil dalam ajang Nasional (Peksiminas), meneruskan kegiatan lanjutan setelah Peksimida ke Peksiminas.

Wakil Rektor I, Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D. dalam sambutannya berharap bahwa untuk Training Center  II ini boleh tampilnya yang biasa-biasa saja, yang penting bahwa nanti di acara Peksiminas harus tampil secara maksimal bahkan  mendapatkan juara. Hadir dalam acara tersebut para Wakil Rektor dan anggota RKU UNY yang sekaligus memberikan motivasi, semangat dan evaluasi dari masing-masig tangkai lomba agar nanti ketika tampil mendapatkan keberanian dan percaya diri. (Apw).