You are here

UKM RESTEK UNY RAIH JUARA HARAPAN 2

.

Tim Teknologi Tepat Guna(TTG) bidang 2 UKM Rekayasa Teknologi UNY 2017 mengikuti Final dan berhasil lolos dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Physics Summit Paper Competition 2017 yang diadakan pada tanggal 18-19 Februari 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Final ini diikuti 10 tim yang terdiri dari universitas-universitas di seluruh Indonesia. Tim TTG UKM Rekayasa Teknologi UNY mendapatkan juara harapan 2 diwakili oleh 3 mahasiswa, Anggi Maulana A (Pend. Teknik Mesin 2015), Yuli Arti (Pend. IPA 2014), dan Dadan Sarifahrudin (Teknik Otomotif 2015).
Bentuk perlombaan yang dilakukan adalah presentasi, yaitu dengan menyajikan hasil karya tulis menggunakan power point. Presentasi dilakukan pada hari Sabtu tanggal 18 Februari 2017 dari pukul 08.00-11.50 WIB. Presentasi dari tim TTG UKM Rekayasa Teknologi mengangkat judul HOSWARD (Hot Stem Wardrobe) sebagai Teknologi Efisien Perapih Pakaian pada Industri Laundry. HOSWARD dibuat untuk mengatasi permasalahan laundry. Alat sejenis yang sudah dikembangkan dan dipatenkan dengan nomor paten US3752373 adalah alat pencuci dan pengering pakaian. Hal itu sangat kurang berpotensi untuk merapikan pakaian, sedangkan HOSWARD memiliki keunggulan dapat mengeringkan, merapikan, dan mewangikan pakaian.
Metode diawali dengan obeservasi di tempat laundry di sekitar kampus UNY, selanjutnya merancang dan mengatur sistem kendali, kemudian melakukan uji coba HOSWARD dengan pengusaha laundry di sekitar kampus UNY. Berdasarkan uji coba, daya yang digunakan dalam satu kali pemakaian sebesar 0,09558 kWh. Inovasi teknologi tepat guna HOSWARD diharapkan dapat mencapai hak paten, dikembangkan agar dapat diproduksi secara massal dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas sehingga membantu meringankan beban masyarakat dalam mengeringkan, merapikan, dan mewangikan pakaian.
Kegiatan dilanjutkan dengan field trip pada hari yang sama pukul 13.30-15.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan jamuan makan malam (Gala Dinner) yang diadakan oleh Walikota Surabaya di Balai Kota setempat. Kegiatan pada hari kedua dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2017 dengan kegiatan seminar nasional dengan tema “Speak Up With Medical Physics” di Graha Sawunggaling Kantor Ibu Kota Surabaya disertai dengan kegiatan pameran poster dan karya yang dipresentasikan pada seluruh peserta seminar. Kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman finalis dan juga penutupan acara serta pemulangan peserta. Tim TTG memperoleh juara Harapan II dalam lomba PSPC ini. Adapun Juara 1 diperoleh tim dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), Juara 2 diperoleh tim dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), Juara 3 diperoleh tim dari STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). (Yuli-Apw)