You are here

UNY JUARA II LKTN SAFETY COMPETITION 2017

.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya selalu berpartisipasi dalam menyemarakan kegiatannya, salah satu kegiatan tersebut yakni dengan mengadakan “SAFETY COMPETITION”. berlangsung di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya 18 sampai 19 Februari 2017.
Kompetisi kategori LKTI diikuti oleh 10 finalis dari universitas se-Indonesia, diantaranya Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, ITS, dan Universitas Sumatera Utara.
Lomba ini bertujuan untuk menyalurkan ide, kreativitas, dan inovasi melalui gagasan yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah untuk berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional, LKTI merupakan salah satu rangkaian dari acara “SAFETY COMPETITION 2017”, untuk LKTI mengusung tema “Mari Berbudaya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) untuk memajukan Indonesia”.
Tim dari UKM Penelitian UNY berasal dari mahasiswa FIS dan FT terdiri dari Nadiyah Salsa Billah (Ilmu Administrasi Negara 2016), Retno Tri Suryani (Ilmu Administrasi Negara 2016), dan Luthfan Ihtisyamuddin (Pendidikan Teknik Elektronika) berhasil meraih juara II pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan mengusung karya yang berjudul “Smart Card K3: Media pembelajaran interaktif keselamatan dan kesehatan kerja berbasis kartu rambu keselamatan Safety Sign sebagai upaya penanaman budaya K3 bagi tenaga kerja proyek kontruksi bangunan guna meminimalisir kecelakaan kerja di Indonesia” bertujuan menciptakan sebuah kartu rambu K3 yang kreatif dan inovatif. Dirancang semenarik mungkin dengan smart card K3 yang bisa terhubung langsung ke dalam sebuah aplikasi android smart K3. Tujuan dan manfaat dari penulisan ini adalah untuk memberikan pemahaman rambu K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan memberikan kemudahan bagi mereka untuk mengaplikasikannya saat berkerja. Adapun juara LKTN Safety Competition Nasional terdiri dari Juara 1 diraih Universitas Brawijaya, Juara 2 diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 3 diraih oleh Universitas Gadjah Mada.(Apw)