You are here

Workshop on British Parliamentary English Debating Society UNY Tahun 2016

.

.

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal, sejalan dengan kebijakan Universitas Negeri Yogyakarta menuju perguruan tinggi kelas dunia 2025, maka diperlukan strategi khusus untuk mempercepat penguasaan yang baik akan Bahasa Inggris. Bidang Kemahasiswaan UNY secara periodik menyiapkan sumber daya yang berkualitas, khususnya mahasiswa melalui berbagai program pembinaan. Salah satu wadah pembinaan adalah pelatihan Bahasa Inggris, sehingga mahasiswa dapat terarah untuk menyalurkan serta mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Pada tahun 2016, Bidang Kemahasiswaan bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa Asing “SAFEL” mengadakan Workshop Bahasa Inggris, khususnya adalah debat berbahasa Inggris, yaitu Workshop On British Parliamentary English Debating Society UNY Tahun 2016.. Workshop tersebut dapat diikuti seluruh mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta, baik mahasiswa baru maupun lama yang berminat untuk mengasah bakatnya dalam Bahasa Inggris, serta mempertajam kemampuannya dalam lomba debat. Lomba dilaksanakan di Hotel UNY pada tanggal 24 September 2016, pukul 08.00 – 18.00 WIB, dan diikuti sekitar 75 peserta.

Dalam workshop tersebut, yang menjadi pemateri adalah Rachmat Nurcahyo, M.A., dosen sekaligus pembina UKM “SAFEL”, serta Arif Burhanuddin, mahasiswa UNY yang sudah sering menjuarai debat berbahasa Inggris baik nasional maupun internasional.  Selanjutnya, materi yang diberikan pada workshop ini lebih difokuskan pada penguasaan debat yang sesuai dengan “Debat Parlemen Inggris”, yaitu terdapat dua kubu, Government atau Pemerintah, serta Opposition atau Oposisi. Hal itu didasarkan pada sistem parlemen di negara Inggris, yang memang sering menggunakan debat untuk menentukan kebijakan.

Setelah mendapatkan materi mengenai debat, peserta diharuskan untuk segera mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Pemerintah dan Oposisi, serta diharuskan mencari pasangan, diharapkan latih debat dapat disesuaikan dengan perlombaan pada kenyataannya. Peserta sangat bersemangat dan latih debat yang diselenggarakan sangat seru dan hidup.