You are here

WORKSHOP PENGEMBANGAN PRESTASI MAHASISWA

.

Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan workshop pengembangan prestasi mahasiswa di Auditorium (28/10). Kegiatan diikuti oleh 863 mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN sebanyak 46 orang, SBMPTN 89 orang, Seleksi Mandiri Prestasi 722 orang dan Seleksi Mandiri Ujian Tulis 6 orang. Menurut ketua panitia kegiatan, Ilmawan Mustaqim, MT workshop ini dilaksanakan dalam rangka memetakan prestasi mahasiswa baru angkatan 2016 dalam bidang penalaran, seni, olahraga, minat khusus dan kesejahteraan sekaligus untuk menggali berbagai kendala yang dihadapi dalam pengembangan prestasi mahasiswa. Workshop dibuka oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA yang mengatakan bahwa selain menjaring mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik, UNY juga menerima mahasiswa dari jalur prestasi non akademik seperti bidang olahraga, keagamaan dan sebagainya. “Harapannya mahasiswa yang diterima lewat jalur ini dapat lebih berprestasi sesuai bidang masing-masing” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA.

Dalam workshop ini materi disampaikan oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. Diungkapkan beliau bahwa arah pembinaan kegiatan kemahasiswaan meliputi pengembangan kegiatan kemahasiswaan menuju pada peningkatan penalaran, kreativitas, menumbuhkan daya saing, kewirausahaan, kebugaran serta kepedulian sosial. “Tahapan pembinaan kegiatan kemahasiswaan, pada semester I - II merupakan tahap pengenalan dengan materi success skill seperti motivasi dan pengenalan man, method dan material,” kata Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

Lebih lanjut Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. menjelaskan bahwa selanjutnya pada mahasiswa semester III – IV diadakan pengembangan kreativitas mahasiswa melalui organisasi mahasiswa untuk menghadapi masa depan yang kompetitif, pada semester V – VI pengembangan jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan peningkatan produktivitas dengan inovasi-inovasi baru. Sedangkan pada semester VII – VIII diselenggarakan pelatihan pengembangan karier untuk memasuki lapangan kerja dan menciptakan peluang kerja. Wakil Rektor III juga menginformasikan bahwa untuk wadah kegiatan mahasiswa dapat melalui Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terbagi pada bidang penalaran, seni, olahraga, minat khusus dan kesejahteraan. UNY juga mengkoordinasikan alumni agar tetap peduli terhadap pengembangan UNY. Hadir dalam acara Workshop ini WD III Fakultas, Pembina UKM, Ketua UKM (Apw).