You are here

WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA

.

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki komitmen untuk mengembangkan budaya ilmiah di kalangan mahasiswa. Salah satu bentuk pengembangan budaya ilmiah yang dilakukan adalah publikasi karya ilmiah mahasiswa hasil penelitian. Karya ilmiah ini dipublikasikan melalui beberapa jalur, antara lain diusulkan menjadi PKM AI di Belmawa atau dimuat dalam jurnal penelitian mahasiswa Pelita. Untuk menjaga konsistensi jurnal penelitian yang dimuat maka diperlukan pembimbingan dan pendampingan efektif. Sumber daya manusia yang terlibat secara langsung dalam kegiatan ini adalah mahasiswa terutama yang memiliki komitmen untuk mempublikasikan karya penelitiannya secara berkesinambungan.

Acara Workshop ini dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., beliau mengharapkan bahwa tujuan diadakan workshop tersebut antara lain untuk menumbuhkan budaya ilmiah di kalangan mahasiswa, meningkatkan kuantitas dan kualitas karya ilmiah dan memotivasi mahasiswa untuk berkarya secara optimal dan  Efektifitas serta efisiensi pengelolaan jurnal penelitian mahasiswa.

Peserta Workshop Penulisan Artikel ini  diikuti sebanyak 90 orang terdiri Student Union Grand (SUG) sebanyak 55 mahasiswa dan 35 orang dari mahasiswa umum yang berlangsung Selasa, 24 Januari 2017 bertempat di ruang sidang senat UNY lantai 2 sayap utara. Selama mengikuti Workshop peserta mendapatkan materi Kebijakan UNY dalam Pengelolaan Jurnal Penelitian Mahasiswa, Kiat Sukses Menulis Artikel Ilmiah, Menulis Karya Ilmiah Hasil Penelitian dan Teknis Penulisan Karya Ilmiah Hasil Penelitian.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan  Workshop penulisan artikel ini, mahasiswa semakin meningkat dalam memahami metode dan teknik dalam membuat karya ilmiah dengan baik dan menyebarluaskannya kepada mahasiswa lainnya sekaligus dapat berperan aktif dalam publikasi ilmiah secara nasional. (Apw).