You are here

Festival Budaya Internasional 2019 UKM Bahasa Asing “SAFEL”

.

.

Festival Budaya Internasional 2019 diselenggarakan pada 21 Maret 2019. Tema yang kami angkat kali ini adalah UTOPIA, dengan tagline “Million Folk, Billion Lore, amazing Folklore”. Tagline tersebut memrepresentasikan tujuan kami untuk mengenalkan kebudayaan asing terutama dibidang folklore kepada masyarakat umum. Tahun ini Festival Budaya internasional diikuti oleh perwakilan dari 8 negara yaitu Indonesia, Korea Selatan, Jerman, Tiongkok, Meksiko, Jepang, Amerika Serikat, dan Prancis  Selain gueststar utama yaitu Diandras, Festival Budaya Internasional juga dimeriahkan oleh Buchaechum, Hipercoustic, Safelite, SDC, Gochikara, Schmetterling, dan juga tari kreasi baru yang berjudul “Genjring Party”.

Acara dibuka dengan penampilan dua orang mahasiswi yang membawakan tari kreasi baru berjudul “Genjring Party”. Tarian ini menceritakan keceriaan anak-anak yang ekspresif. Sesuai dengan konsepan acara kami yang mengeksplorasi kebudayaan asing dengan gaya yang santai, ekspresif, dan kreatif. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan rektorat sebagai tanda dibukanya acara ini. Selain itu juga disampaikan sambutan-sambutan dari ketua panitia dan perwakilan pembina UKM bahasa asing “SAFEL”.

Setelah rangkaian sambutan yang telah disebutkan, acara dilanjut dengan pemutaran video berupa teaser tiap negara. Di sini pengunjung dapat mendatangi stan-stan dari delapan negara yang ada. Mereka dapat mencicipi makanan khas yang dibuat oleh para foreigner menggunakan tiket makanan yang dijual oleh panitia. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan para foreigner, mulai dari sekedar sharing sampai bertanya tentang beberapa hal spesifik yang ada di tiap negara mereka. Acara berlangsung dengan diselingi Penampilan gueststar seperti Buchaechum yang menampilkan tarian tradisional Korea, Hipercoustic  yang membawakan lagu dalam bahasa Prancis, Safelite yang mnampilkan lagu berbahasa Inggris, Gochikara membawakan lagu bergenre J-Pop, Schmetterling menampilkan tarian yang dirangkum dalam drama pendek ala Jerman, serta SDC yang menampilkan tarian modern bergenre K-pop, J-pop, dan Western dance.

Acara Festival Budaya Internasional 2019 dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari respon penonton yang antusias sepanjang acara berlangsung. Mulai dari pembukaan, interaksi dengan foreigner yang membuat pengunjung mendapat wawasan baru, sesi games, hingga penampilan Diandras dan penutupan  acara berupa flashmob oleh keluarga dari SDC.