You are here

FORMADIKSI STAIN BENGKULU KUNJUNGAN KE UNY

.

Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Bidikmisi (FORMADIKSI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Bengkulu adakan Silaturahmi dan Sharing dengan Family of Mahadiksi UNY (FOMUNY) Universitas Negeri Yogyakarta berlangsung di Ruang Sidang Utama Rektorat, diterima langsung oleh Wakil Rektor III UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., 22 Februari 2016.

Rombongan dari STAIN Bengkulu dipimpin oleh Wakil Rektor III Dr. Nuzuar Ahmad, M.Pd. dan beberapa dosen serta pejabat struktural serta  90 orang mahasiswa yang merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi angkatan tahun 2013 berjumlah 20 orang, tahun 2014 ada 10 orang dan tahun 2015 ada 60 orang. Menurut WR III STAIN Dr. Nuzuar Ahmad, M.Pd., bahwa kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk menimba pengalaman sesama penerima bidikmisi, kebetulan UNY terpilih sebagai Universitas yang masuk kriteria bagus dalam pengelolaan bidikmisi.

Sementara Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., dalam memberikan sambutan sebagai tuan rumah mengatakan bahwa awal mulanya rekruitmen mahasiswa bidikmisi dari bidang Akademik,  proses berikutnya oleh bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Mahasiswa calon penerima bidikmisi dalam proses berikutnya juga disurvey atau kunjungan ke rumah orang tua mahasiswa  untuk mengetahui tentang keberadaan calon penerima bidikmisi, layak dan tidaknya tergantung data yang diperoleh oleh tim. Prof Sumaryanto lebih lanjut menyampaikan bahwa mahasiswa penerima bidikmisi dihimbau untuk masuk dalam salah satu kegiatan Organisasi Kamahasiswaan (ormawa) yang sudah disediakan tempat di Student Center (SC) Universitas Negeri Yogyakarta.

Mengenai jumlah mahasiswa penerima bidikmisi di UNY memang cukup banyak jumlahnya dibanding dengan STAIN Bengkulu, mulai dari tahun 2010 sampai dengan kondisi sekarang (data 2015) UNY jumlahnya ada 4.854 orang mahasiswa terdiri dari tahun 2012 ada 1.077, 2013 terdapat 1.350, tahun 2014 ada 1.177 dan tahun 2015 berjumlah 1.250 mahasiswa. Demikian laporan Kepala Biro AKI, Sukirjo, M.Pd.

Usai acara kunjungan berlangsung, diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara UNY dengan STAIN Bengkulu oleh kedua Wakil Rektor III, dilanjutkan sharing antara mahasiswa penerima bidikmisi UNY dengan STAIN Bengkulu yang diprakarsai oleh ketua FOMUNY Universitas Negeri Yogyakarta, Teguh Arifin Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik. (Apw) .