You are here

GATAX CYBER TEAM, ROBOT SUMO UNY JUARA 1 NASIONAL

.

.

Gatax Cyber Team  Robot Sumo UNY kembali menorehkan prestasi di ajang kompetisi nasional yang digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Gatax Cyber Team  Robot Sumo UNY diketuai oleh Raden Budi Santoso (Teknik Elektro 2017, TIM Robot ROSEMERY) dan beranggotakan Muhamad Andi Widyanto (Teknik Elektro 2017, TIM Robot KRTI) serta Viko Vauzul Adzim (Teknik Elektro 2017, TIM Robot KRTI). Tim Robot UNY berhasil mendapatkan Juara 1 Lomba TECHNOCORNER 2019 kategori SumoBot yang diadakan di Universitas Gadjah Mada pada tanggal 10-11 Maret 2019.

TECHNOCORNER 2019 kali ini mengangkat temaThe Biggest Technological War. Lomba ini memiliki beberapa kategori, lomba seperti Electrical Engineering Competition, IoT Development Competition, SoccerBot, SumoBot, MachBot. TIM Robotika UNY mengikuti Lomba Robot kategori SumoBot. SumoBot merupakan kompetisi robot sumo yang bertanding antar dua robot dengan tujuan menjatuhkan lawan dari arena pertandingan yang ditentukan sesuai dengan peraturan pertandingan. Robot yang digunakan oleh GATAX CYBER TEAM menggunakan sistem autonomus atau otomatis yang diaktifkan melalui satu tombol.

Sumo Robot Competition ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta yang berasal dari beberapa perguruan tinggi, seperti dari Intitut Teknologi Kalimantan, Universitas Sumatera Utara dan  tuan rumah sendiri yaitu Universitas Gadjah Mada. GATAX CYBER TEAM berhasil melewati babak penyisihan sampai ke babak final.  “Alhamdulillah TIM kami berhasil melewati babak-babak sebelumnya hingga babak final tanpa kendala, karena sebelum hari pertandingan kami sudah menyiapkan sebaik mungkin agar tidak ada kendala saat lomba nanti,” tutur Raden Budi S. (Ketua TIM GATAX CYBER).

Hasil dari Sumo Robot Competition Juara 1 diraih oleh GATAX CYBER TEAM dari Universitas Negeri Yogyakarta, Juara 2 TIM Robot AMIKOM, Juara 3 MicroClub Universitas Gadjah Mada, dan Best Design TIM ZEN Universitas Negeri Yogyakarta.