You are here

INVITASI OLAHRAGA NASIONAL ANTAR PERGURUAN TINGGI “UNY CUP” TAHUN 2015

.

.

Sehat itu penting. Oleh karena itu, perlu diupayakan agar dapat belajar optimal sehingga dapat meraih hasil terbaik. Demikian dikatakan Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dalam pembukaan Invitasi Olahraga Antar Perguruan Tinggi di Stadion Atletik UNY, Rabu, 28 Oktober 2015 yang diikuti oleh 600 peserta dan official dari 27 Perguruan Tinggi di Indonesia.  

Lebih lanjut Rektor mengatakan agar dalam invitasi yang merupakan test case sebelum bertanding dalam Pomnas yang akan datang, para pemain dan supporter tetap menjunjung tinggi sportivitas, kejujuran, dan ukhuwah antar sesama mahasiswa sebagai bagian dari insan yang bermoral dan bermartabat. “Hindari konflik dan jangan ada pertentangan,” kata Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. “dan para supporter hendaknya juga dapat mengendalikan diri.”

Kegiatan yang bertujuan untuk menjalin persahabatan antar-mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sekaligus untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi mahasiswa di bidang olahraga tersebut bertema “Invitasi olahraga nasional 2015 sebagai sarana pembentuk karakter mahasiswa yang berkualitas dan sebagai tonggak kebangkitan olahraga mahasiswa Indonesia”.  Ketua panitia kegiatan  Aris Fajar Pambudi, M.Or. mengatakan bahwa kegiatan ini mempertandingkan 5 cabang yaitu: sepak bola, tenis lapangan, sepak takraw, tenis meja, dan bolavoli, serta diikuti 27 perguruan tinggi seluruh Indonesia, diantaranya Undip Semarang, Unhas Makasar, Univ. Malikussaleh Aceh, UGM, UNS Surakarta, UII Yogya, UMY Yogyakarta, Unesa Surabaya, UAD Yogyakarta, UM Magelang, Univ. PGRISemarang, UST Yogyakarta, UIN Suka Yogyakarta, Univ Sains Al-Quran Wonosobo, Univ. Atmajaya Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UNSA Surakarta, Univ. Janabadra Yogyakarta,  UB Malang, STMIK Amikom Yogyakarta, UMP Purwokerto, Unnes Semarang, Univ. Muhammadiyah Surakarta, UPY Yogyakarta, UTP Surakarta, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta dan UNY sebagai tuan rumah.

Pertandingan sepakbola  dilaksanakan sejak 28 Oktober hingga 7 November di stadion Atletik dan Sepak Bola UNY, sedangkan Tenis Lapangan dan Sepak Takraw akan dilaksanakan mulai 28 Oktober hingga 1 November. “Untuk Tenis Lapangan bertempat di lapangan Tennis Indoor Barat UNY dan Sepak Takraw di lapangan Tennis Indoor Timur,” paparnya. Sementara itu Tenis Meja akan dilombakan sejak 28 hingga 31 Oktober di Hall Tenis Meja UNY dan Bola Voli akan dilangsungkan di GOR UNY pada 2 hingga 4 November 2015.

Invitasi Olahraga Antar Perguruan Tinggi Nasional dibuka oleh Rektor UNY dengan menendang bola didampingi Wakil Rektor, sekaligus memulai invitasi pertandingan Sepak Bola antara UNY dan UGM yang akhirnya dimenangkan UNY dengan  skor 2-0 dalam babak penyisihan. (Dedy-Apw)