You are here

KOMPETISI “UNYFEST #4” TAHUN 2016

.

.Sejalan dengan kebijakan Universitas Negeri Yogyakarta menuju perguruan tinggi kelas dunia 2025 maka perlu strategi khusus untuk meraihnya. Bidang Kemahasiswaan UNY secara nyata menyiapkan sumber daya yang berkualitas khususnya mahasiswa melalui berbagai program pembinaan. Setelah melalui pembinaan yang maksimal diperlukan wadah untuk aktualisasi potensi dan prestasi mahasiswa  tersebut.

Pada tahun 2016 Bidang Kemahasiswaan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) mengadakan berbagai event lomba yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. UKM Rekayasa Teknologi menyelenggarakan lomba inovasi teknologi tepat guna (UNITECH) dan lomba Information Technology (UNITY). Sementara itu UKM Penelitian menyelenggarakan UNY Scientific fair (UNYSEF), UNY English Competition (UNESHCO), lomba Kepenyiaran Magenta Announcer Competition (MAC) dalam rangka Dies Natalis UNY ke 52 Tahun 2016. Pelaksanaan lomba dilaksanakan pada tanggal 13-14 Mei 2016 secara bersamaan di Auditorium UNY.

Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dalam UNYFEST tahun 2016 ini, lebih lanjut Prof. Sumaryanto mengajak untuk meningkatkan komunitas kegiatan ini, UNY juga siap untuk diundang dalam kegiatan semacam ini demikian harapannya.

Menurut ketua panitia Nurtanio Agus Purwanto, M.Pd. selaku staf ahli bidang Penalaran bahwa peserta yang mengikuti lomba kali ini ada 49 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh indonesia khususnya se Jawa dan Bali, Sumatra dan daerah lainnya.

Setelah diadakan seleksi khususnya bidang UNITECH dan UNYSEF jumlah peserta berkurang menjadi 28 perguruan tinggi yang siap berkompetisi selama dua hari di Universitas Negeri Yogyakarta sebagai penyelenggara kegiatan tersebut. Selanjutnya Nurtanio juga menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk memberikan motivasi berprestasi bagi mahasiswa UNY, menunjukkan komitmen UNY menuju perguruan tinggi kelas dunia melalui penyelenggaraan lomba tingkat nasional juga membekali mahasiswa dengan kemampuan mengorganisir sebuah kegiatan dalam skala tingkat nasional.

Sementara hasil sepuluh besar perguruan tinggi peraih juara pada Kompetisi bidang penalaran mahasiswa UNYFEST tahun ini terdiri dari UNY memperoleh 2 emas, 3 perak, 1 perunggu dan harapan III. UGM memperoleh 1 emas, 2 perak, 1 perunggu. PEN Surabaya 1 emas, 1 perak, 1 perunggu. Universitas Islam Bandung 1 emas, 2 perunggu. Akademi KRB Yogyakarta 1 emas, 1 perak. UIN SUKA Yogyakarta memperoleh 1 emas, ITENAS Bandung mendapat 1 perunggu, Universitas Brawijaya mendapat 1 perunggu, ITB Bandung memperoleh juara harapan 1, sementara UNDIP Semarang pada urutan sepuluh mendapatkan juara harapan II. (Apw)