You are here

MTQ Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2019

.

.

Dalam rangka mencari bibit unggul dalam bidang MTQ, Unit Kegiatan Kerohanian Islam Masjid Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan MTQ yang diselenggarakan pada tanggal 8 – 9 Februari 2019 di Lab. Karawitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda Berjiwa Qur’ani”.  Kegiatan Technical Metting dilakukan pada tanggal 8 Februari dan lomba 9 Februari yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.

Dalam kegiatan tersebut dipertandingkan 11 kategori lomba, yaitu (1) Musabaqah Tilawatil Qur’an; (2) Musabaqah Qiro’at Saba’ah; (3) Musabaqah Tartil Qur’an; (4) Musabaqah Syarhil Qur’an; (5) Musabaqah Fahmil Qur’an; (6) Musabaqah Khattil Qur’an; (7) Musabaqah Hifdzil Qur’an; (8) Musabaqah Desain Aplikasi Al Qur’an; (9) Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al Qur’an; (10) Musabaqah Debat Bahasa Inggris; dan (11) Musabaqah Debat Bahasa Arab. Dari 11 kategori lomba tersebut, terdapat 222 mahasiswa UNY dari berbagai program studi yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Setiap kategori lomba dihadirkan 2 orang juri yang berkompeten di bidangnya, baik berasal dari UNY maupun dari luar UNY. Dengan demikian, diharapkan juara pada setiap kategori lomba merupakan bibit-bibit unggul yang siap digembleng untuk bertanding di tingkat nasional.

Pemenang pada setiap kategori lomba akan dibina untuk mewakili Universitas Negeri Yogyakarta pada MTQ Mahasiswa Nasional yang akan dilaksanakan di Aceh pada bulan Agustus 2019. (ism-LIK-UNY)