PENGURUS ORMAWA MENGIKUTI PELATIHAN LKKMM

.

Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan bagi pengurus baru  Ormawa periode tahun 2017 sebanyak 126 mahasiswa dari berbagai Fakultas di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta mendapat Latihan Kreatifitas dan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKKMM) bertempat di Gedung Training Center UNY  berlangsung sejak Jumat hingga hari Minggu kemarin. Acara dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta didampingi Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Informasi (BAKI), Wakil Dekan III, Staf Ahli bidang kemahasiswaan, Tim Ahli Kemahasiswaan dan dosen Pembimbing Kemahasiswaan.
Ketua panitia kegiatan LKKMM Muhammad Izzuddin Mahali, M. Cs. dalam sambutannya melaporkan bahwa pelatihan LKKMM ini diikuti 42 ormawa masing-masing ormawa diwakili oleh 3 orang pengurus inti, (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) sehingga peserta berjumlah 126 orang mahasiswa.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk merumuskan sasaran yang akan dicapai dan menjabarkannya ke dalam sebuah program kerja, mengantisipasi berbagai hambatan yang mungkin ditemui dalam mewujudkan Program kerja, mengidentifikasi berbagai peluang kerja yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pencapaian rencana kerjanya, memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada di lingkungan, memikat rekan mahasiswa agar mau bergabung dan aktif berpartisipasi dalam kelompok yang dibentuknya, dan mengendalikan partisipasi anggota unit kerjanya agar mampu menguasai hal-hal tersebut di atas.Melalui kegiatan LKMM ini merupakan ikhtiar kami dalam rangka memperkaya sumber daya manusia khususnya mahasiswa pengurus Ormawa tahun 2017. 

Selanjutnya Izzuddin berharap bahwa organisasi kemahasiswaan diharapkan dapat tumbuh  berkembang menjadi organisasi yang mantap, setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang dapat diterapkan pada saat menjalankan organisasi dimasing-masing fakultas atau ditingkat universitas. Sementara  Wakil Rektor III UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam memberikan sambutan dan pengarahan menegaskan bahwa kita harus dapat membangun kebersamaan untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu beliau juga memberikan materi tentang Kebijakan Umum UNY dan pembinanan mahasiswa melalui pendidikan karakter. 

Selanjutnya materi pelatihan ini meliputi: Konsep Dasar LKMM, Pola Pengembangan  Bidang Kemahasiswaan, Penyusunan dan Pelaporan Program Kerja, Manajemen Pengelolaan Informasi Organisasi, Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan, Membangun Karakter Kreatif, Protokoler, Teknik Penyampaian Aspirasi dan Gagasan, Manajemen Perubahan, Motivasi Berprestasi, Rencana Pengembangan,  Klasifikasi dan Perumusan Masalah Organisasi, Hubungan dan Pencitraan Organisasi,  Manajemen Konflik, Teknik Penyampaian Aspirasi dan Gagasan,  Kepemimpinan Efektif dan diakhiri dengan Outbond. (Apw.).