You are here

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN POLITIK BEM KM UNY TAHUN 2019

.

.

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (BEM-KM UNY) menyelenggarakan Seminar Nasional yang mengusung tema, “Revitalisasi  Sinergitas  Mahasiswa dalam Membangun Keteladanan Politik Bangsa untuk Indonesia Cerdas dan Berdaulat" pada hari Selasa, 26 Februari 2019 di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta.  Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Pof. Dr. Sutrina Wibawa, M.Pd. Dalam Acara Pembukaan tersebut, hadir seluruh jajaran UNY, Seperti Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., Wakil Rektor IV, Dekan, Ketua Program Pasca Sarjana, Kepala Biro, dan Wakil Dekan III seluruh UNY. Kegiatan seminar tersebut diikuti sebanyak 721 peserta, yang terdiri atas 300 utusan BEM dari 171 universitas dari seluruh Indonesia, semestara sisanya merupakan mahasiswa UNY dan umum.  

Dalam kegiatan tersebut dihadirkan 4 orang pembicara. Acara tersebut dibagi menjadi 2 sessi. Sessi pertama mengusung subtema pendidikan yang diisi oleh dua pembicara, yaitu Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D. (keynote spaeker) dan Ki Saur Panjaitan XIII, M.M. dari Majelis Luhur Tamansiswa Pusat. Sessi kedua bertema politik dengan menghadirkan dua pembicara yaitu Effendy Gazali (Pengamat Politik) dan drg. Ugan Gandar (Presiden Serikat Pekerja Pertamina Bersatu).

Sebagai keynote speaker, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Kemenristek Dikti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D. membahas tentang Kebijakan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ki Saur Panjaitan XIII, M.M. menyampaikan materi tentang Revitalisasi Nilai-nilai Luhur Pendidikan pada Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. Effendy Gazali membahas Peran dan Paradigma Politik dalam Menghadapi Pesta Demokrasi Tahun 2019 yang Cerdas dan Berdaulat. drg. Ugan Gandar menyampaikan materi tentang Kontribusi Mahasiswa untuk Kesuksesan Pesta Demokrasi Tahun 2019.