You are here

Tim Softball UNY Menjuarai Indonesia Inter-College Softball Champioship

.

.

Indonesia Inter-College Softball Championship yang diselenggarakan pada tanggal 2-10 Maret 2019 di Lapangan Softball Universitas Negeri Yogyakarta, merupakan kejuaraan softball mahasiswa se-Indonesia yang diselenggarakan oleh PB Perbasasi pusat. Kejuaraan ini merupakan seri pertama dari tiga seri yang akan diselenggarakan oleh PB Perbasasi. Kejuaraan ini diikuti oleh 9 tim putra dan 6 tim putri. Peserta tim putra adalah Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas PGRI Semarang, STKIP Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Tunas Pembangunan, dan Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Peserta tim putri adalah Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, STKIP Pasundan, dan Universitas Islam Bandung.

Pada kejuaraan Indonesia Inter-College Softball Championship ini Universitas Negeri Yogyakarta menurunkan 1 tim putra dan 1 tim putri untuk bertanding, dan berhasil mengawinkan gelar sebagai Juara I, sekaligus mengakhiri puasa gelar bagi tim putra untuk beberapa tahun terakhir. Selain itu beberapa atlet juga mendapatkan penghargaan individu, Teguh Prasojo (PJKR 2013) mendapatkan Best Slugger, M. Bilal Nur (pemain pinjaman UNY) mendapatkan MVP. Dari tim putri juga tidak kalah dalam penghargaan individu Pardhani Nur Laili (PJKR 2015) mendapatkan Best RBI, dan Vina Melinda (PGSD Penjas 2015) mendapatkan MVP.

Indonesia Inter-College Softball Championship ini merupakan kejuaraan yang ditunggu-tunggu baik oleh tim putra maupun tim putri Softball UNY karena minimnya kejuaraan Softball antar Universitas di Yogyakarta. Diselenggarakannya Indonesia Inter-College Softball Championship di Lapangan Softball Universitas Negeri Yogyakarta ini sendiri merupakan sebuah kesempatan besar bagi tim UNY dan juga tim-tim lainnya di Yogyakarta baik tim yang mengincar posisi juara maupun yang hanya sekedar berpartisipasi dan mendapatkan pengalaman.

Tim UNY sendiri sudah melakukan persiapan berupa latihan intensif terhitung 2 bulan sebelum kejuaraan Indonesia Inter-College Softball Championship ini digelar. Baik tim putra maupun tim putri  keduanya sama-sama melewati proses yang panjang untuk menjadi juara selain melalui latihan yang keras, tidak lepas juga dukungan dari pelatih dan pembina, serta kerja keras manajer tim.

Tim softball putri UNY yang sejak awal menargetkan Juara dengan memberikan permainan terbaik untuk UNY hingga akhirnya berhasil meraih Juara I. Bagi beberapa pemain angkatan 2015 bisa jadi ini merupakan kejuaraan terakhir yang mereka mainkan di UNY, mereka merekalakan waktu setiap harinya untuk latihan hingga memperoleh hasil yang sekarang. Berbeda dengan tim putri, tim softball putra UNY pada awalnya hanya menargetkan untuk kalah tipis atau menghindari pembantaian mengingat persaingan di tim putra sangatlah ketat dan tim softball putra UNY bukan termasuk tim unggulan. Meskipun begitu para pemain tetap menjalani latihan dengan semangat. Sampai di pertandingan mereka bermain lepas tanpa beban dan hasil akhirnya pun diluar dugaan. Sama halnya dengan di tim putri, bagi beberapa pemain di tim putra pun ini bisa jadi adalah kejuaraan terakhir yang  mereka mainkan di UNY.  (Rofi’i, UKM Baseball-Softball UNY)