You are here

UKM BULUTANGKIS UNY RAJAI KEJUARAAN UNJ CUP VI TAHUN 2016

.

Tim UKM Bulutangkis Universitas Negeri Yogyakarta rajai kejuaraan UNJ CUP VI tahun 2016 dengan nyaris menyapu bersih semua nomor final perorangan yang dihelat di Hall A Kampus B Universitas Negeri Jakarta (14/11). Dari 5 nomor perorangan yang dipertandingkan, UNY sukses menyabet 4 gelar juara yang masing-masing datang dari sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran.

Andri Wijaya yang turun menjadi andalan UNY di nomor tunggal putra tidak menemui kesulitan dan langsung menyabet gelar juara. Di final, mantan atlet binaan PB Djarum ini mampu mempecundangi wakil Brawijaya, Achmad Rizalullah Kusriyanto dengan straight set 21-16, 2-18. Sukses Andri rupanya menular ke rekan binaan PB. Djarum lainnya, Rena Asela. Bermain di sektor tunggal putri, mahasiswa PKO 2014 ini mampu menyudahi perlawanan atlet Trisakti, Azizah Ulfa dan sukses menjadi kampiun setelah bermain rubber set dengan skor 21-10, 24-26, 21-10.

Dua gelar yang sudah diraih UKM Bulutangkis UNY rupanya menjadi pelecut semangat bagi tiga wakil lainnya. Duetathlete of the year versi UKM Bulutangkis UNY tahun 2015, Rezha Arzhan/Monica Intan mampu melanjutkan tren positifnya selama satu tahun terakhir dengan kembali meraih emas di nomor ganda campuran. Pasangan yang masih menjadi juara bertahan di UNY CUP dan UNAIR CUP tahun 2015 ini masih terlalu tangguh bagi pasangan Argaza/Anisa dari Universitas Trisakti hingga menyerah dengan skor 15-21, 21-15, 21-12.

Setelah sukses di nomor ganda campuran, Rezha Arzhan Hidayat kembali menambah koleksi emas bagi tim UNY dinomor ganda putra kala berpasangan dengan juniornya, Galang Decky Ramadhan. Duet baru Rezha Arzhan/Galang Decky sukses menembus final sebelum akhirnya berada di puncak podium setelah mengandaskan perlawanan atlet Trisakti, Kevin Valentino/Wahyu Haryansyah dua game langsung dengan skor 21-18, 21-14. Torehan ‘double winner’ Rezha Arzhan di dua nomor rupanya belum mampu diikuti oleh pasangannya di ganda campuran, Monica Intan yang juga sukses melaju ke final ganda putri bersama Frida Astaputri. Keduannya harus puas menjadi runner up setelah bermain ketat 20-22, 20-22 dari ganda putri Trisakti, Anisa/Felicia.

“Hasil para pemain UNY di UNJ CUP VI ini memang cukup luar biasa, mengingat semua lawan yang ada di final merupakan atlet dari Universitas yang sudah terkenal kuat di cabang olahraga bulutangkis” ujar pelatih UNY, Akwila Febri Pradana. “Peluang sapu bersih di final individual sebenarnya terbuka lebar, namun sayang kondisi Monica Intan masih belum prima sehingga gagal meraih juara diganda putri. Namun, saya puas dengan kerja keras dan motivasi teman-teman yang berjuang di Jakarta dengan segala keterbatasannya disini” tambah coach Febri sesaat sebelum menuju ke stasiun untuk kembali ke Yogyakarta malam tadi.

Sebelumnya, UNY juga sudah mengoleksi dua perunggu dari nomor beregu campuran yang gagal melaju ke final setelah menyerah dari Brawijaya dengan skor 1-3. Sedang satu perunggu lain disumbangkan oleh wakil tunggal putra UNY lainnya, Erza Bagaskara yang gagal melaju ke partai final setelah memutuskan untuk  withdrawn  karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk bertanding. Dengan hasil ini, maka tim UKM Bulutangkis UNY kokoh di puncak klasemen dengan raihan 4 emas, 1 perak dan 2 perunggu sekaligus menjadikannya sebagai juara umum dalam ajang UNJ CUP VI tahun 2016. (Imam/Apw).