You are here

UKM PENELITIAN UNY JUARA 3 LKTI

.

Tim UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai Isvi Ria Nur Afit (Pendidikan Biologi 2014) dengan anggota Trisna Yulianto (Pendidikan Luar Biasa 2014), Asfin Herminda Ratnaningsih ( Pendidikan Luar Biasa 2015), Fitri Ekasari (Pendidikan Luar Sekolah 2013), dan Ummu Habibah Aquarini (Pendidikan Teknik Boga 2014) meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mipa Open and Exposition 2017 di Gedung International Class Program lantai 3 FMIPA Universitas Negeri Makassar pada tanggal 23-25 Februari 2017.
Menurut Isvi Ria Nur Afit selaku ketua tim mengatakan kepada Kasubag LIKA, Agus PW bahwa informasi lomba ini mula-mula didapat dari Leaflet yang beredar dan ditanggapi dengan serius, adapun persiapan untuk mengikuti lomba ini hanya memerlukan waktu sekitar 1 bulan dengan bantuan dosen Pembimbing yang sekaligus Pembina UKM dari FIP Aini Mahabbati, S.Pd., M.A. maka tim ini langsung mengirimkan naskah lomba Mipa Open and Exposition ke UNM.
Setelah lolos dari pengumuman, tim UNY ini langsung masuk ke babak semi final, selanjutnya untuk mengikuti presentasi yang dilakukan pada tanggal 23 Februari 2017, keesokan harinya dilakukan acara simposium, dan hari berikutnya mengikuti jalan sehat dan dilanjutkan pengumuman. Presentasi tersebut diikuti oleh 25 finalis dari 16 Universitas di seluruh Indonesia. Tim dari UNY membawa inovasi dengan judul “BBM (Busy Book Model) sebagai Penanaman dan Pembiasaan Mengonsumsi Makanan dan Minuman Bergizi Seimbang pada Anak Tunagrahita”. Dalam event tersebut terdapat 4 juri dengan bidang keilmuan berbeda, yaitu Fisika Biologi, Matematika dan Kimia.
Berikutnya Afit menjelaskan bahwa bukan suatu perjuangan yang mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses pengiriman abstrak, penyusunan proposal, pembuatan media pembelajaran, uji coba ke SLB Ma’arif Bantul Yogyakarta, hingga saat presentasi yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Salah satu anggota tim mengatakan “kami sangat bersyukur atas nikmat ini, kami berterimakasih pada Allah, orang tua, dan semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan kami, semoga karya tulis ini dapat bermanfaat”, berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait,.
Sementara juara 1 diraih tim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, juara 2 diraih tim Universitas Negeri Makassar, delegasi UNY mampu menyabet juara 3 dalam perlombaan kali ini, sementara juara harapan 1 diperoleh Universitas Negeri Makassar, juara harapan 2 Universitas Brawijaya dan juara harapan 3 tim Universitas Diponegoro.
Kegiatan Mipa Open and Exposition ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar, untuk Yuri diambilkan dari dosen FMIPA dari Universitas tersebut. (Apw)