UKM PRAMUKA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SUKSES SELENGGARAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN INSTRUKTUR MUDA RACANA (PIMR) VIII TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

.

.

Dalam rangka menyambut Diesnatalis UNY yang ke 55, Racana W.R. Supratman dan Racana Fatmawati Gugus Depan Kota Yoyakarta 03-075 dan 03-076 Pangkalan Universitas Negeri Yoyakarta turut andil dengan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Instruktur Muda Racana (PIMR) VIII Tingkat Nasional Tahun 2019 yang berlangsung pada tanggal 23-29 April di Pondok Pemuda Ambar Binangun, UNY, dan sekitarnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan berbentuk pendidikan bagi pramuka pandega yang sekaligus dipadukan dengan berbagai kegiatan perlombaan, sesuai dengan tugas pokok gerakan pramuka yaitu untuk melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah. Pendidikan tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka yang berorientasi pada pembentukan kepribadian setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan menjunjung tinggi sikap disiplin.

Kegiatan PIMR VIII Tingkat Nasional Tahun 2019 yang mengusung tema “Bersama Menempa Diri, Berkarya Mengukir Prestasi” mendapat sambutan yang luar biasa dari berbagai pramuka perguruan tingi se-Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 55 orang peserta yang berasal dari 19 pangkalan atau universitas dan dari 7 provinsi antara lain provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Kalimantan dan Sulawesi. Kegiatan PIMR dilaksanakan dengan berbagai giat, yakni giat materi, giat prestasi, giat lapangan, dan giat wisata. Selain mendalami ilmu mengenai keinstrukturan dan  keterampilan kepramukaan  selama kurang lebih 6 hari, para peserta PIMR juga dapat menikmati sudut-sudut kota Yogyakarta melalui kegiatan City Tour pada akhir kegiatan (29/4) dengan tujuan perjalanan adalah Keraton Ngayogyakarta, Titik O Km, Malioboro, dan Tugu Yogyakarta.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan  Juri Giat Lomba PIMR VIII Tingkat Nasional Tahun 2019 Nomor : 01/SK/PIMR/03-076-A/IV/2019,  para pemenang lomba antara lain sebagai berikut. Mata Lomba Keterampilan Tali Temali: Juara 1 diperoleh Deva Satyananda S (UNS) , Juara 2 Ulya Rosa Hana (UMS) dan Juara 3 Muhammad Nur Nasrudin (UMS). Mata Lomba Keterampilan Navigasi Darat: Juara 1 diraih oleh Murni Dwiyanti (UNY), Juara 2 Kusuma Galih Ayusaputri (UNY) dan Juara 3 Alfi Setiyawan (UST). Mata Lomba Keterampilan Komunikasi Lapangan: Juara 1 diraih oleh Zaenal Abidin (UNPAD), Juara 2 Sayidatin Marwah (UNY) dan Juara 3 Indah Wulan Sari (UNSOED). Mata Lomba Pasang Anchor : Juara 1 diperoleh Febrianti Dwi Vitria Putri (UTM), Juara 2 Imam Wahyu Nurdin (UPY) dan Juara 3 Maru Septiadi (UNTAN). Mata Lomba Reseksi: Juara 1 M. Nasrudin (UNISMA), Juara 2 Kusuma Galih Ayusaputri (UNY) dan Juara 3 Alfi Setiyawan (UST). Mata Lomba Setting HT : Juara 1 Sayidatin Marwah (UNY), Juara 2 Ikwan Nur Salim (UMS) dan Juara 3 Febryanawati Nur Safitri (UNY). Terakhir, mata Lomba Fotografi: Juara 1 diraih oleh Huzein Mubaraq (UNM), Juara 2 Nia Maryati (UNMUL) dan Juara 3 Farid Wajeddi (UNM).

Dalam kegiatan PIMR VIII, Pramuka UNY berhasil meraih 6 piala dalam berbagai kejuaraan yang dilombakan dan menjadi pangkalan yang paling banyak mencetak prestasi. "Alhamdulillah, suatu pencapaian yang membanggakan. Selain sukses dalam penyelenggaraan, Pramuka UNY juga berhasil menorehkan prestasi. Hal ini tentu berkat kerja keras dan dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak, khususnya Universitas Negeri Yogyakarta", ungkap Almi Santi Ameilia, ketua UKM Pramuka UNY. Dini Azizah Muzdalifah selaku Ketua Reka Kerja PIMR VIII juga menyampaikan kesannya terhadap kegiatan ini. “Ini adalah pengalaman yang sangat besar, menjadi Ketua Reka Kerja PIMR VIII. Begitu panjang proses yang dilalui guna mempersiapkan kegiatan ini. Antusias para peserta yang luar biasa, menjadikan semangat tersendiri bagi saya" pungkasnya.